Senin, 19 Juli 2010

Stres merupakan salah satu masalah mental yang sangat umum di seluruh dunia dan tidak ada orang di dunia yang tidak akan menghadapi situasi stres dalam hidupnya.
Menurut banyak ahli medis, stres meningkat saat ini karena kesibukan rutinitas orang-orang di mana mereka tidak punya waktu untuk setiap jenis kegiatan relaksasi, dokter juga mengatakan bahwa stres membawa beberapa gejala fisik dan mental yang sangat umum seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, pola makan yang tidak benar dan lain-lain.

Ada beberapa cara yang sangat efektif yang dapat menjauhkan anda dari gejala stres ini dan beberapa di antaranya telah dibahas dalam artikel ini, so lets's check it out :
  • Cobalah untuk menerapkan pola makan yang seimbang serta memakan makanan penghilang stress termasuk banyak sayuran dan buah-buahan dan menurut beberapa ahli, pola makan yang sehat dapat mengurangi gejala stres dan salah satu faktor yang mempengaruhi stres adalah terlalu banyak atau terlalu sedikit makan yang hasilnya mengakibatkan kesehatan anda memburuk.
  • Jangan membebani diri Anda dengan begitu banyak aktivitas yang tidak bisa anda tangani tapi buatlah batasan-batasan yang sesuai dengan kemampuan potensi Anda dan jangan mencoba untuk melewati batas tersebut yang nantinya aktivitas itu malahan dapat menimbulkan prilaku negatif atau marah. Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjauh diri dari stres dan juga membuat orang segar dan bugar, lakukan beberapa latihan selama setidaknya setengah jam sehari terutama di luar rumah karena akan mencegah Anda dari isolasi dan interaksi sosial akan membuat Anda jauh dari stres.( baca juga artikel ini )
  • Alkohol atau penggunaan obat-obatan adalah salah satu penyebab utama dari gejala stres dan mereka juga melemahkan kekuatan Anda untuk mengatasi gejala stres dan malahan menimbulkan gejala buruk dengan membawa perasaan negatif seperti kemarahan dan kesedihan.
  • Yoga dapat menjadi salah satu kegiatan pelepas stres yang terbaik dan harus dilakukan secara rutin untuk melindungi Anda dari stres.

Sedikit tambahan, lakukanlah meditasi di pagi hari atau dimanapun anda sempat selama minimal 15 menit dengan melakukan Gyan Mudra, manfaat dari Mudra ini adalah :
1. Meningkatkan kekuatan ingatan dan mempertajam otak.

2. Meningkatkan konsentasi dan mencegah Insomnia

3. Jika dipraktekkan teratur, dia akan menyembuhkan semua gangguan psikologi seperti gangguan mental, histeria, marah dan depresi.
Lebih lanjut tentang Gyan Mudra dapat dibaca di sini. Untuk mengetahui apa itu Mudra dapat dibaca disini.

Demikianlah tadi beberapa kegiatan yang dapat membantu Anda dalam melindungi diri dari gejala stres dan bahkan jika Anda menemukan gejala seperti dalam diri Anda, Anda dapat mengikuti tips yang disebutkan di atas untuk menghapus gejala stres dari kepribadian Anda dan membuat Anda segar dan sehat. Dalam artikel yang lain nanti akan sys sertakan juga jurus-jurus postur yoga yang mujarab buat mengatasi stress, karena pose-pose yoga tersebut dapat meragsang hormon-hormon tubuh, kelenjar endokrin dan hal lainnya untuk membuat anda calm down, sehingga walaupun berbagai masalah menerpa kehidupan anda, anda akan tetap bisa tetap tenang dan pada pengaruhnya anda akan menemukan solusi dan dapat mengatasinya dengan kepala dingin.

 Baca juga  :   Cara mengatasi stress dan depresi

0 comments:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!