Sabtu, 19 Juni 2010

Studi terbaru menunjukkan bahwa manfaat minyak ikan omega 3 memang menakjubkan. Penelitian yang dipublikasikan hampir setiap hari oleh komunitas ilmiah menemukan lebih dan lebih banyak lagi manfaat dari minyak ikan omega 3. Apa sajakah itu ?

Berikut ini adalah 8 manfaat dari minyak ikan omega 3 yang telah terbukti dan perlu anda ketahui :

1. Mengurangi rasa nyeri dan inflamasi. Asam lemak Omega 3, terutama EPA, memiliki pengaruh yang sangat positif pada respon inflamasi tubuh anda. Melalui beberapa mekanisme, mereka mengatur siklus peradangan tubuh anda, yang pada pengaruhnya dapat mencegah dan mengurangi kondisi nyeri seperti radang sendi, prostatitis, sistitis dan apa pun berakhiran "itis."
2. Menyehatkan Jantung. Asam lemak Omega 3 juga telah terbukti bekerja menakjubkan bagi kesehatan jantung anda dan bermil-mil dari pembuluh arteri dan vena yang membentuk sistem kardiovaskular. Sehingga pada pengaruhnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, tryglicerides, LDL dan tekanan darah, sementara pada saat yang sama meningkatkan kolesterol baik HDL. Ini dapat meningkatkan level harapan hidup seseorang.
3. Perlindungan dari Stroke dan Serangan Jantung. Ketika plak terbentuk di dinding arteri , hal itu menyebabkan apa yang dikenal sebagai trombosis, yang merupakan cara lain untuk mengatakan gumpalan. Jika kebekuan tersebut macet di otak, hal ini akan menyebabkan stroke dan apabila menyumbat arteri, akan menyebabkan serangan jantung. Penelitian menunjukkan lemak asam omega 3 dapat memecah gumpalan tersebut sebelum terjadi kerusakan lebih lanjut.
4. Fungsi Otak jadi lebih baik dan meningkatkan Intelijensi. Ibu hamil dan menyusui yang mengkonsumsi minyak ikan omega 3, akan berdampak baik pada bayinya yaitu meningkatnya intelejensi dan kebahagiaan pada bayi. Bagi orang dewasa, omega 3 dapat meningkatkan memori, daya ingat, penalaran dan fokus. Anda akan merasa muda kembali dan lebih cerdas.
5. Mengurangi Depresi dan tekanan jiwa. Bukan hanya membuat anda lebih pintar saja manfaat omega 3, Departemen Penelitian Psikiatri di Universitas Sheffield, bersama dengan banyak studi penelitian yang lain, menemukan bahwa suplemen minyak ikan omega 3 juga bermanfaat "meringankan" gejala-gejala depresi, bipolar dan tekanan jiwa (Journal of Affective Disorder Vol 48 (2-3).; 149 - 55). Karena adanya Omega 3, minyak ikan baik untuk mengurangi depresi, kesedihan,
kecemasan, kegelisahan, kelelahan mental, stres, penurunan gairah seksual, kecenderungan bunuh diri dan gangguan saraf lainnya. Para peneliti di Case Western Reserve University School of Medicine, Cleveland, Ohio dalam publikasi penelitian mereka berjudul "minyak ikan dan Bipolar Disorder: menyatakan bahwa minyak ikan dapat bermanfaat dalam menstabilkan suasana hati dan mengobati gangguan bipolar. Tak heran, ditemukan bahwa negara-negara dimana ikan sering dimakan, insiden depresi sangat rendah terjadi. Demikian pula penelitian yang dilakukan pada tahanan telah menunjukkan bahwa ketika para tahanan diberi makan dengan makanan laut mengandung jumlah yang lebih tinggi asam lemak omega tiga, ada penurunan yang signifikan pada tingkat pembunuhan.
6. ADD dan ADHD ( Attention Deficit Hyperactivity Disorder ). Minyak ikan memiliki kemampuan untuk mengobati ADHD karena memiliki konsentrasi tinggi pada asam lemak. Jika anak anda menderita hiperaktif, disleksia, dyspraxia, ketidakmampuan untuk menyelesaikan tugas, ketidakstabilan emosional, koordinasi yang buruk, rentang perhatian yang pendek, mudah lupa, konsentrasi rendah, kecenderungan untuk mengganggu orang lain, kecerobohan, selalu tergesa-gesa, terburu nafsu, impulsif, rendah IQ, atau gangguan belajar, suplemen minyak ikan, tablet, pil atau kapsul obat terbukti dapat mengurangi dampak tersebut tadi.
7. Mengurangi resiko kanker payudara, usus besar dan kanker prostat. Dari hasil penelitian dikatakan bahwa omega 3 mengatasi hal ini dalam tiga cara, yaitu menghentikan perubahan dari sel sehat ke sel kanker, menghambat pertumbuhan sel yang tidak diinginkan dan menyebabkan apoptosis, atau kematian seluler, sel-sel kanker.
Selain dari yang disebutkan diatas, manfaat lain dari minyak ikan omega 3 adalah meningkatkan fungsi penglihatan. Bagi perawatan kulit, minyak ikan dapat mengatasi masalah kulit seperti kulit kering dan kusam dengan membuatnya tampak cerah dan bercahaya serta efektif untuk jerawat. Bagi Ibu-ibu hamil, Minyak ikan sangat bermanfaat karena zat di dalamnya yaitu DHA, membantu dalam pengembangan mata dan otak bayi, sehingga dapat membantu dalam menghindari kelahiran prematur, berat badan rendah saat lahir, dan keguguran. Namun, perlu dicatat bahwa minyak ikan yang diperoleh dari hati ikan, misalnya - cod liver oil, tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan.

Perhatian pada dosis : Dosis berlebihan minyak ikan dapat memiliki alergi dan efek samping yang merugikan pada tubuh. Lebih lanjut, minyak ikan dapat menjadi masalah jika kebanyakan dan karena itu perlu hati-hati dalam mengkonsumsinya. Dosis yang berlebihan dari minyak ikan dapat mengakibatkan keracunan vitamin, akumulasi berlebihan vitamin dalam tubuh dapat menyebabkan efek samping. Sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter untuk dosis yang tepat dari minyak ikan sebelum anda konsumsi.

0 comments:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!