Sabtu, 26 Juni 2010

Manfaat Buah Apel

Buah Apel, Siapa yang tak kenal dengan buah ini ? Penampilannya yang merah dan ranum mengundang imajinasi dan selera orang yang memandangnya, bahkan dalam mitologi Yunani dan bangsa Romawi, Apel merupakan simbol cinta dan keindahan. Pernah dengar pepatah dalam bahasa inggris yang berbunyi “ One Apple a day makes the doctors away “ ? , tentunya kita jadi bertanya-tanya, memang apa saja sih manfaat buah yang satu ini ?
Sebenarnya apel memang memiliki manfaat yang sangat banyak buat kesehatan kita. Dalam sebuah studi, Apel dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah ,menurunkan risiko penyakit jantung iskemik, stroke, kanker prostate, diabetes tipe II dan asma. Buah apel juga kaya akan kandungan vitaminnya. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C. Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat apel yang tinggi sehingga mencegah datangnya rasa lapar, serat juga berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang. Buah apel memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Di dalam buah apel terdapat baron. Apakah baron itu? Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.

Buah apel mengandung zat yang bernama quercetin. Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Dalam sebuah studi percobaan pada tikus, quercetin dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang biasanya berujung pada penyakit alzheimer. Di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartar. Asam tartar dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan. Dalam sebuah studi yang lain, orang yang sering makan apel mempunyai 50% lebih rendah kemungkinan terkena kanker paru-paru, hal ini dikarenakan kandungan yang tinggi flavonoid,quercetin dan naringin pada apel. Peneliti perancis menemukan bahwa type flavonoid bernama phloridzin yang hanya ada pada apel dapat melindungi wanita pasca menopouse dari resiko terkena osteoporosis dan juga meningkatkan kepadatan tulang, kandungan boron pada apel juga dapat menguatkan tulang.
Menarik sekali bukan ? Ternyata buah apel yang selama ini kita kenal memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan kita. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, makanlah apel bersama kulitnya. Sayangnya, sekarang ini kulit apel banyak mengandung sisa-sisa pestisida, jadi pastikan anda cuci dengan bersih apel anda sebelum dikonsumsi.
Sudahkah anda makan apel hari ini ?

Categories:

0 comments:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!