Rabu, 21 Juli 2010

Sirsasana
Terapi berdiri terbalik sudah dikenal sejak 400 SM, oleh Hippocrates yaitu Bapak Pengobatan, beliau mengobati beberapa pasiennya menggunakan terapi ini. Didalam dunia Yoga, pose ini disebut dengan nama Sirsasana yang juga dikenal dengan King of Asanas, yaitu raja dari semua postur yoga. Disebut demikian karena manfaat yang didapatkan dengan melakukan pose ini paling lengkap jika dibandingkan postur / asana yang lainnya. Lalu apa saja manfaat yang didapatkan bagi kesehatan kita dengan melakukan pose ini ? Let's check it out !
 
Ketika tubuh berada dalam posisi terbalik - dengan kepala di bawah - tubuh beserta isinya sejenak terbebas dari berat badan dan gravitasi bumi. Efek positif terasa pada hampir seluruh tubuh. Melakukan pose ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di sepanjang tubuh dan berpengaruh pada peningkatan beberapa fungsi tubuh.
         Saat seseorang melakukan posisi terbalik ini, aliran darah yang kaya akan oksigen diarahkan dari wilayah bawah tubuh ke jantung, sehingga dapat meningkatkan fungsi jantung, hal ini juga membuat tugas jantung memompa darah ke otak lebih mudah.

         Otak walaupun hanya seberat 3% dari total berat badan kita, akan tetapi otak adalah pengkonsumsi oksigen terbesar jika dibandingkan organ tubuh yang lain yaitu sekitar 25% dari asupan oksigen untuk seluruh tubuh. Apabila otak tidak mendapatkan supply darah kapiler yang cukup, maka sel-sel otak menjadi tidak berkembang dan tidak berguna. Posisi ini meningkatkan Arus Oksigen ke Otak, efeknya adalah menguatkan daya ingat, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, menghalau sakit kepala, migren, ketegangan pikiran, dan kepanikan serta dapat mencegah kepikunan pada orang tua. Dan yang lebih penting lagi pose ini dapat menimbulkan efek relaksasi dan meredakan stress, yang merupakan akar dari semua penyakit yang dialami manusia. Juga disebutkan bahwa dengan meningkatnya sirkulasi darah ke kepala melalui pose terbalik ini, akan dapat mencerahkan warna kulit, meningkatkan rasa kewaspadaan dan juga meningkatkan fungsi pendengaran dan penglihatan. 

Sarvangasana
 Pose ini juga sekaligus meningkatkan pasokan darah ke bagian wajah, sehingga bermanfaat untuk menyegarkan jaringan kulit, menangkal keriput, dan mengencangkan kulit wajah. Suplai makanan yang berlimpah pada kulit bagian kepala juga berefek menyuburkan rambut, menghambat tumbuhnya uban, mencegah kerontokan, dan memelihara rambut tetap sehat mengkilat. Dengan bertambahnya aliran darah ke otak maka akan merangsang kelenjar pituitary ( sering disebut masternya kelenjar endokrin) untuk mengontrol semua kelenjar endokrin yaitu adrenal, thiroid, ovarium dan testis yang mana semua kelenjar ini bertanggung jawab pada semua metabolisme tubuh, pertumbuhan, tekanan darah, seksualitas,dan banyak lagi fungsi lainnya yang penting bagi tubuh. Pose ini juga dapat membantu fungsi pernafasan. Karena pada saat melakukan posisi ini, paru-paru bagian atas dan bawah mendapat pasokan oksigen sehingga pada gilirannya dapat bermanfaat untuk mengurangi gangguan pernapasan seperti bronkitis, asma, hidung dan infeksi tenggorokan. Pose ini juga baik bagi mereka yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

Manfaat lain dari pose ini yaitu meningkatkan mood dan mengurangi depresi, ketegangan otot juga berkurang 35%, rasa cemas dan sulit tidur dapat diobati dengan terapi ini. Pose ini dapat meningkatkan fungsi seksual, karena meningkatnya pasokan darah segar dan kaya nutrisi kedaerah reproduksi, sehingga dapat meningkatkan fungsi seksual, mengobati impotensi dan juga baik bagi wanita yang ingin hamil. Juga membantu proses pembersihan darah dan baik bagi wanita yang sering mengalami nyeri saat datang bulan. Bagi para atlet sering merasakan sakit pada ototnya setelah latihan, hal ini karena tubuh memproduksi dalam jumlah besar asam laktat dan puing-puing zat sampah lainnya, dengan melukan pose ini zat-zat sampah tersebut akan lebih cepat dibersihkan sehingga rasa sakit pada otot lebih cepat hilang.
              
Melakukan pose terbalik ini dapat merangsang sistem limfatik tubuh untuk lebih aktif. Sistem limfatik membersihkan racun dari jaringan dan memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sistem limfatik tubuh bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan patogen dan menyaring material sampah tubuh. Sistem ini bekerja membersihkan sel darah mati, material sampah tubuh, sel kanker dan racun/toksin dari dalam tubuh untuk kemudian dibuang. Sistem limfatik juga bekerja dengan sistem sirkulasi tubuh untuk mengantar nutrisi, oksigen dan hormon dari darah ke dalam sel-sel tubuh. Lebih jelas tentang sistem limfatik ini dapat dibaca di sini. Lebih lanjut tentang manfaat pose ini dapat juga dibaca disini.
 
               Untuk mendapatkan manfaat yang disebutkan tadi, lakukan pose ini setiap hari antara 5-15 menit. Bagi pemula lakukan semampunya dulu. Berlatihlah pose sirsasana jika anda tidak memiliki alat Inversion tables. Bagi mereka yang terlalu berat melakukan pose sirsasana, maka dapat diganti dengan pose sarvangasana yang sering disebut juga queen of yoga pose, karena manfaat yang didapat relatif hampir sama.

Walaupun pose terbalik ini banyak memiliki manfaat buat kesehatan kita, namun tidak semua orang boleh melakukan pose ini. Berikut ini adalah kondisi yang TIDAK dianjurkan untuk melakukan posisi terbalik yaitu :
Wanita yang sedang menstruasi, penderita darah tinggi, penderita darah rendah, wanita yang sedang hamil, punggung yang lemah, infeksi telinga bagian tengah, glaukoma, obesitas berlebih, cedera tulang belakang, masalah retina dan penderita hiatal hernia.



Baca juga :

- Cara mengatasi depresi dan stress dalam hidup anda
- Tips menaikkan tinggi badan dengan pose yoga
- Berbagai manfaat dari Minyak Ikan

- Weight Loss & Slim Fast Information 
 

13 komentar:

  1. thnks ilmunya sob bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi saya sendiri..
    teruslah membuat artikle yang bermanfaat semangat happy blogging..
    bila berkenan kita tukeran link yahh..kalau mau comment di bloggku yah.. thnks sebelumnya

    BalasHapus
  2. Nice info Gan, Happy blogging !

    BalasHapus
  3. thax infonya. sangat menarik.

    BalasHapus
  4. sippp....segera di coba...

    BalasHapus
  5. oke mas..thax..kerennn loh artikelnya.

    BalasHapus
  6. salam kenal bro...wah blognya keren...

    BalasHapus
  7. oke...oke...dicoba, tp ane kgak bisa bosss....

    BalasHapus
  8. hmmm....mau sehat emang susah.....bisa gak ya...

    BalasHapus
  9. wadddoooowwww...bengkok bengkok punggugn ane....bisa gak yah....

    BalasHapus
  10. salam kenal bro...semoga sukses...

    BalasHapus
  11. Mau berdiri e ...jatuh melulu

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!