Senin, 19 Juli 2010

Jika anda pernah mengalami hypoglycemia, anda merasa seperti kekelahan dan biasanya muncul saat pagi atau sore hari. Hipoglikemia dapat membuat anda merasa lesu dan merupakan penyebab utama depresi di Amerika Serikat. Gejala ini dapat teasa ringan atau berat tergantung pada pola makan anda selama hari itu. Banyak dokter diet berbeda pendapat apakah pola makan orang ada hubungannya dengan gejala itu. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu mereka menderita penyakit tersebut.
Gejala-gejala hipoglikemia yaitu : Rasa cemas, bingung, depresi, kehilangan arah, pusing, kelelahan, lupa, sakit kepala, , keringat berlebih, lapar, bingung, mood berubah-ubah, nyeri otot/kram, mual, gugup, kulit pucat, detak jantung cepat, gemetaran, kesemutan di tangan/kaki, ketidaksadaran dan lemah.

Hipoglikemia dikenal sebagai gula darah rendah, sebuah istilah yang sering digunakan ketika membahas diabetes. Siapa pun dapat berisiko terkena gula darah rendah, sringnya mendapatkan gejala ini sering dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Untungnya dengan sedikit perubahan dalam pola makan, seseorang dapat terhindar dari serangan gula darah rendah sama sekali.

Kita mungkin bertanya-tanya apakah hipoglikemia itu dan bagaimana hal itu terjadi ? Tubuh kita mngedarkan gula dalam darah yang disebut glukosa. Setiap sel dalam tubuh kita menggunakan glukosa untuk energi, ketika kadar glukosa darah turun di bawah tingkat yang dibutuhkan untuk beroperasi, kita akan mulai mengalami gejala hipoglikemik. Gejala-gejala ini berasal dari tubuh saat menarik energi dari otot rangka dan lemak, tubuh kita harus bekerja lebih keras untuk mengubah protein dan lemak menjadi energi daripada yang dilakukannya dengan gula. Dropnya glukosa dapat terjadi jika seseorang tidak makan makanan yang cukup sepanjang hari atau bila kita olahraga terlalu banyak. Jika insulin dalam darah terlalu tinggi serangan hipoglikemik dapat terjadi. Penderita diabetes mengalami hipoglikemia setiap hari karena mereka menyuntikkan insulin untuk membantu tingkat gula darah mereka keluar. Ketika penderita diabetes menyuntikkan insulin diabetes melebihi dari yang diperlukan, kadar gula darah mereka akan turun terlalu jauh dan mereka akan mengalami serangan hipoglikemik. Insulin membantu mensirkulasi glukosa untuk memasuki sel-sel tubuh kita sehingga sel-sel dapat menggunakan gula untuk energi. Orang normal setelah makan, menghasilkan insulin secukupnya hanya untuk menjaga glukosa pada tingkat konstan dalam darah, tapi mereka yang menderita serangan hipoglikemik memproduksi insulin lebih dari yang diperlukan, yang mana dapat menurunkan gula darah sangat cepat. Hal ini menyebabkan tekanan berlebih pada sistem tubuh termasuk otak.

Saat ini tidak ada fakta yang solid seperti mengapa seseorang menghasilkan lebih banyak insulin. Para ahli tidak sepakat tentang pola makanlah yang menyebabkan gula darah rendah, tapi banyak yang percaya bahwa pola makan yang berisi gula dan karbohidrat sederhana dapat menjadi penyebab masalah. Karbohidrat sederhana dikonversi menjadi gula dengan cepat dan ditransfer ke aliran darah, peningkatan gula darah yang cepat ini membuat pankreas memproduksi insulin dalam jumlah berlebih. Beberapa orang percaya bahwa ini gelombang insulin dari pankreas, jika dibiarkan terus, bisa menyebabkan diabetes.

Cara termudah untuk memerangi hipoglikemia adalah mengubah pola makan kita. Mulailah makan kita dala ukuran sedikit dan makanlah lebih sering 5-6 kali setiap hari, daripada tiga kali per hari dengan porsi lebih besar. Konsumsilah makanan yang bergula rendah, kurangi konsumsi alkohol dan kafein, dan batasi makanan berlemak dan makanan olahan. Makanlah karbohidrat yang lebih kompleks dan serat; tambahkan biji-bijian dan sayuran dalam makanan, kacang-kacangan dan biji merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik. Sejumlah kecil protein dalam bentuk ikan, kedelai, telur, dan daging putih dapat membantu menekan produksi insulin. Coba makan telur bersama dengan karbohidrat Anda di pagi hari agar energi anda aktif lebih lama.

Hipoglikemia dapat menjadi penyakit yang memusingkan, jika anda mengalami serangan yang parah, mintalah bantuan medis segera. Untuk kasus yang lebih ringan minum segelas kecil jus buah, jus akan memberikan kenaikan kecil di gula darah dan membantu anda melalui saat itu dari rasa lesu sepanjang hari. Bagi mereka yang suka mencampur gula dalam kopi atau teh, ada alternatif lain sebagai pengganti. Xylitol dan Stevia adalah pengganti gula yang baik yang tidak meningkatkan gula darah tetapi memiliki rasa yang sangat manis. Jika Anda merasa memiliki masalah gula darah, berkonsultasilah dengan ahli kesehatan anda. Pemanis seperti xylitol dan stevia dapat ditemukan di toko makanan kesehatan setempat atau toko online.

0 comments:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!