Selasa, 20 Juli 2010

Mudra adalah sebuah gerak tubuh yang bermakna spiritual. Gerak tubuh ini bisa meliputi seluruh tubuh, tapi lazimnya dilakukan dengan tangan dan jari jemari tangan. Agama Hindu dan Buddha dalam literatur spiritualnya banyak menyertakan mudra sebagai sebuah simbol, perlambang, pemberian berkat, dll.
Dalam yoga, mudra digunakan secara luas menyertai praktek asanas, pranayama, kriya, bandha dan meditasi. Terutama dipakai dalam praktek pranayama ( teknik bernafas dengan benar) karena mudra dipercaya dapat memerlancar masuknya aliran prana (energi) dalam tubuh. Tidak hanya dipraktekkna dalam yoga, mudra juga dikenal dalam teknik martial arts, terutama ninjutsu. Pasti sobat2 yang suka nonton film kartun Naruto familiar dengan ninja mudra atau kuji-in.

Bagaimana Mudra Bekerja ?
Ras manusia merupakan bagian penting dalam penciptaan Tuhan – Alam Semesta. Sesungguhnya, tubuh manusia didesain seperti alam semesta dengan kelima elemennya, yang disebut, Api, Udara, Tanah, Air dan Ruang. Ilmu pengetahuan tentang mudra didasarkan pada elemen-elemen tersebut. Suatu keadaan yang tidak seimbang dan tidak sesuai koordinasinya antara elemen-elemen tersebut menyebabkan ketidakteraturan mental dan fisik, sehingga fungsi sinkronisasi merupakan rahasia kesehatan yang prima. Tubuh kita seperti misteri yang tidak pernah berakhir, tetapi juga merupakan harta karun kesehatan, kebahagiaan, dan kedamaian. Tuhan telah memberikan tantangan kepada manusia dengan masalah-masalah tetapi juga memberikan kekuatan dan kemampuan untuk mengatasinya. Banyak dari solusinya ditemukan pada tangan kita.

5 Jari untuk 5 elemen :
- Ibu jari >> Api
- Jari Telunjuk >> Udara
- Jari Tengah >> Akasha
- Jari Manis >> Tanah
- Jari Kelingking >> Air
Tangan kita mengoperasikan kesehatan tubuh kita. Mereka memproduksi suatu jenis energi atau gelombang elektro magnetis atau aliran listrik di tubuh (aura). Dengan mengusap tangan satu sama lain dan menciptakan panas dengan sentuhan dan kekuatan pikiran kita, kita dapat mengobati penyakit yang paling misterius sekalipun. Mudra didasarkan pada terapi sentuhan dan latihan yang teratur membantu menyeimbangkan kelima elemen. Ilmu pengetahuan modern juga menyetujui bahwa berbagai jenis gelombang elektro-magnetis yang berbeda disalurkan melalui jari-jari tangan. Menurut para orang-orang suci dan para rishi jaman dahulu yang menemukan Mudra Vigyan, titik-titik tertentu pada telapak tangan kita perlu ditekan untuk pengobatan penyakit tertentu. Dengan menekan tangan kita satu sama lainnya atau dengan melipat jari tangan dengan posisi tertentu atau menekan beberapa titik di tangan, kita dapat mengobati gangguan dengan pertolongan dari jari-jari tangan sebagai pengkoordinasian dengan elemen-elemen kehidupan. Masing-masing daerah tangan dihubungkan dengan suatu daerah di otak dan memberikan pesan-pesan jelas pada pusat otak. Kekurangan dalam kelima elemen dapat diperbaiki dengan menghubungkan suatu bagian tubuh dengan yang lainnya dengan cara tertentu melalui mudra.
Ketika satu jari yang mewakilkan suatu elemen disentuhkan dengan ibu jari, menyebabkan elemen tersebut menjadi seimbang. Sehingga penyakit tersebut yang disebabkan karena ketidakseimbangan disembuhkan.
Dengan menekan sisi jari, tergantung kebutuhan, kita akan dapat mempengaruhi emosi dan organ yang berkaitan.

Inilah bagaimana cara jari bekerja :
  • Ibu jari mewakili elemen tanah, perut dan rasa khawatir.
  • Jari telunjuk mewakili elemen besi, paru-paru, usus besar dan emosi depresi, kesedihan, dan duka cita.
  • Jari tengah adalah elemen api, jantung, usus kecil, sistem sirkulasi dan pernafasan, emosinya adalah ketidaksabaran dan mengikuti kata hati.
  • Jari manis adalah elemen kayu dan dihubungkan dengan liver, kantung empedu, sistem saraf, dan berhubungan dengan kemarahan.
  • Jari kelingking berhubungan dengan air, ginjal dan rasa takut. Sehingga jika kita diliputi dengan emosi, cukup dengan menekan jari-jari yang berkaitan beberapa kali dan kita akan menjadi lebih baik.

Pentingnya Mudra :
  1. Mudra dapat digunakan untuk mengatur beberapa kegiatan psikologi refleks dan biokimia.
  2. Mudra telah dibuktikan dapat membantu mengembangkan perhatian diri tentang aliran energi di tubuh halus.
  3. Mudra juga mempercepat orientasi spiritual dan mendorong proses pengobatan diri sebaik pengobatan fisik.
  4. Mudra menciptakan suatu tempat energi dan dapat digunakan dalam pengobatan.
  5. Tujuan utama dalam mudra adalah mencapai tahap kesadaran yang lebih tinggi.
  6. Mudra pada yoga merupakan mantra yang simbolik dan memberikan sinyal kepada kelenjar-kelenjar dan bagian otak tertentu tergantung tujuan dari meditasi atau yoga.
  7. Pada yoga, posisi tangan yang sakral ini berhubungan dengan aliran energi pada meditasi tertentu.
  8. Mudra membantu asana dan mantra
  9. Mudra membangun kekuatan untuk pengembangan pikiran dan tubuh secara keseluruhan yang dapat menciptakan kedamaian dan kebahagiaan.
  10. Mudra merupakan obat yang sangat cepat terhadap banyak penyakit. mudra dapat bermanfaat terhadap semua masalah baik itu masalah sehari-hari maupun penyakit yang parah.
  11. Mudra membantu perkembangan fisik, mental, bahkan aspek moral seseorang.
  12. Mempraktekkan beberapa mudra secara teratur dapat menyembuhkan insomnia, arthtritis, dan memperbaiki ingatan.

Petunjuk Mempraktekkan Mudra
Sebelum melakukan mudra apapun, tariklah nafas beberapa kali, rilekskan pikiran, dan kemudian duduk bersila. Suatu mudra dapat dilakukan dengan kedua tangan paling tidak selama 45 menit setiap hari. Suatu perubahan yang diharapkan terjadi pada elemen tubuh hanya dapat dilihat setelah 45 menit. Jangka waktu minimum, 45 menit, setiap hari. Cara yang mudah dan teratur untuk mempraktekkannya adalah dengan melakukannya selama 15 menit di pagi hari dan selama 15 menit di malam hari. Jika seseorang merasa kesulitan untuk melakukan sekaligus selama 45 menit ada baiknya mengikuti cara diatas. Praktek tersebut juga memberikan hasil yang menyenangkan, meskipun memerlukan waktu yang lebih lama dari biasanya. Seseorang bisa bebas dari penyakit, jika dia melakukan mudrabhyas dengan penuh keyakinan dan ketulusan. Dapat dilakukan kapanpun, saat duduk, berbaring, berdiri, berjalan, bahkan berbicara. Untuk hasil yang baik sebaiknya dilakukan selama 24 menit secara terus menerus. Dapat dipraktekkan selama 4-5 menit sekaligus pada suatu waktu.
( Sumber : http://annunaki.wordpress.com/2010/04/26/mudra-the-secret-knowledge-of-hand-gesture).

Categories:

2 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!